Kain Ulap Doyo

20766583_695651113957432_695866933395849216_n_002

Pameran Produk Unggulan Indonesia

Ada yang menarik dari Pameran Produk Unggulan Indonesia Kementerian Perindustrian (digelar di Plasa Industri tanggal 14-16 Agustus 2017). Kali ini saya sempat berhenti lama pada stand @rumahrakuji karena tertarik melihat berbagai olahan produk ulap doyo yang unik, Karena sebelumnya saya belum pernah tahu bahwa daun doyo ternyata dapat diolah menjadi kain.

IMG-20170814-WA0007

Tenun Ulap Doyo

Ulap doyo merupakan jenis tenun ikat berbahan serat daun doyo. Bahan baku yang digunakan untuk membuat tenun ulap doyo adalah tanaman doyo yang diambil seratnya. Tanaman yang hampir mirip dengan pandan ini banyak tumbuh di daerah Kalimantan Timur. Agar dapat digunakan sebagai bahan baku tenun, daun ini harus melalui proses nglorot (pemisahan serat daun doyo didalam air) kemudian disayat (menggunakan lading) mengikuti arah serat daun hingga menjadi serat yang halus dan dijemur sampai benar-benar kering. Serat-serat ini kemudian dijalin dan dilinting hingga membentuk benang kasar. Benang daun doyo kemudian diberi warna menggunakan pewarna alami dari tumbuhan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa tenun doyo berkembang pesat di daerah Kalimantan. Suku Dayak Benuaq sudah dikenal sebagai perajin tenun doyo sejak berabad silam. Namun tidak diketahui secara pasti sejak kapan mereka mulai mengembangkan seni kriya ini hingga ke daerah Tanjung Isuy, Kabupaten Kutai Barat.

Bagi teman-teman yang penasaran tenun ulap doyo, masih ada waktu 2 (dua) hari ini untuk mampir ke Plasa Industri Kementerian Perindustrian untuk melihat langsung berbagai olahan produk ulap doyo.

 

sumber:

http://melayuonline.com/ind/culture/dig/2595/tenun-doyo-kain-tradisional-suku-dayak-benuaq-kalimantan-timur

http://mondasiregar.com/ulap-doyo-wastra-dan-obat-herbal-alternatif/

http://amankaltim.blogspot.co.id/2016/08/ulap-doyo-kain-tenun-khas-dayak-benuaq.html

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s